Todd Reichert Terbang Dengan Pesawat Bertenaga Manusia Seperti Burung

Tuesday, October 26, 2010



Todd Reichert Terbang Dengan Pesawat Bertenaga Manusia Seperti Burung - Seorang mahasiswa di Kanada telah melakukan apa yang Leonardo da Vinci hanya impikan: menerbangkan pesawat “kepakan sayap” bertenaga manusia disebut Ornithopter, inspirasi bagi helikopter modern. Mesin pesawat tersebut pertama kali dibuat sketsanya oleh Leonardo da Vinci pada tahun 1485 dan tidak pernah benar-benar diwujud-nyatakan.

Todd Reichert, seorang mahasiswa teknik di University of Toronto, membuat sejarah dengan mempertahankan penerbangan di ornithopternya – bernama Snowbird – selama 19,3 detik dan melakukan perjalanan sejauh 144,99 Km. Snowbird terbuat dari serat karbon, kayu balsa, dan busa. Kendaraan seberat 92,59 Pon tersebut memiliki kecepatan rata-rata 25.6 Km per jam.

Todd Reichert dan pesawatnya membuat prestasi tersebut pada tanggal 2 Agustus 2010, di Great Lakes Gliding Club yang terletak di Tottenham, Ontario. Para kru menghabiskan waktu hampir dua bulan untuk mendapatkan data final sebelum terbang. Todd Reichert dan sekitar 30 mahasiswa lain telah mengerjakan Snowbird selama 4 tahun.

Tim melalui 65 latihan penerbangan, dan sedihnya, pesawat tersebut mungkin akan tidak bisa diterbangkan lagi.



Todd Reichert menjalani program latihan selama satu tahun di mana ia menurunkan berat badannya 18 Pon (8,81 Kg) untuk persiapan melakukan penerbangan. Karena pesawat memiliki lebar sayap 104 kaki (31,7 meter) – sebanding dengan pesawat Boeing 737 – seorang pilot harus mengayuh dengan kakinya sambil menarik mengepakkan sayap pada waktu yang sama. Dan dia harus melakukannya cukup cepat supaya bisa terbang.

“Tujuan awal kami adalah memenuhi impian terbang benar-benar seperti burung,” kata Reichert, 28 tahun, pada 22 September. “Idenya adalah terbang dengan kekuatan Anda sendiri dengan mengepakkan sayap Anda.”

Penerbangan pesawat tersebut disaksikan oleh Federation Internationale Aeronautique, yang pertama kali secara resmi mengkonfirmasi penerbangan tersebut di dalam sebuah ornithopter.

“Ribuan orang telah mencoba untuk melakukan hal ini selama ratusan tahun,” kata Reichert. “Terus terang, saya tidak berpikir penerbangan itu benar-benar ditetapkan bahwa sayalah yang telah berhasil. Saya memberikan semua yang saya miliki. Ketika saya akhirnya terbang dan mendarat, aku senang atas keberhasilan itu. Penerbangan itu cukup liar.”



Sang pilot Todd Reichert berada di dalam Snowbird. Mau terbang atau sudah mendarat?

Todd Reichert Terbang Dengan Pesawat Bertenaga Manusia Seperti Burung - imroee.blogspot.com

0 komentar: