Cahaya Malam Bisa Menyebabkan Depresi

Ilmuwan saraf percaya bahwa cahaya pada malam hari, bahkan cahaya redup seperti lampu tidur yang sering digunakan pada kamar anak-anak dapat memberikan efek negatif yang mempengaruhi keseimbangan kimiawi dan struktur otak.

Cahaya yang bersumber dari lampu tidur misalnya dapat mengganggu sekresi hormon melatonin, yaitu hormon yang berfungsi membantu tubuh kita mengetahui keberadaan malam hari.

Sebuah tim dari Ohio State University di Amerika Serikat menyimpulkan hal tersebut setelah membandingkan dua kelompok hamster Siberia, satu kelompok yang terkena cahaya redup di malam hari, sedangkan yang lain dibiarkan menikmati malam dalam kegelapan.

Bedrosian Tracy, seorang mahasiswa doktor yang turut menulis penelitian itu, mengatakan: "Bahkan cahaya redup di malam hari cukup untuk memprovokasi perilaku depresi seperti pada hamster, yang dapat dijelaskan dengan perubahan yang kami lihat pada otak hamster-hamster itu setelah delapan minggu."

Sebagai contoh, katanya mereka minum lebih sedikit air gula.

Ketika mereka memeriksa otak hamster, mereka menemukan bahwa orang-orang yang terkena cahaya malam redup mempunyai jaringan duri-duri dendritik kurang padat pada bagian otak yang disebut hippocampus. Duri-duri Dendritik adalah salah satu bagian dari sel otak yang tumbuh menyerupai rambut pada sel-sel otak yang mengirimkan pesan-pesan kimiawi dari satu sel ke sel yang lain.

Bedrosian, yang mempresentasikan penelitian pada hari Rabu pada pertemuan tahunan American Society for Neuroscience di San Diego, menambahkan: "hippocampus memainkan peran kunci dalam gangguan depresi, sehingga ditemukan ada perubahan yang signifikan."

Penelitian sebelumnya pada tikus ditemukan bahwa tikus-tikus yang terkena cahaya terang di malam hari cenderung tertekan dan berat badan mereka bertambah. (telegraph.co.uk)

9 comments

Anonymous said...

jadi solusinya gimana? Lampu dimatiin atau pake cahaya yang terang??

imroee said...

Aduh gimana ya sangpenjelajahmalam, cahaya redup aja bisa bikin depresi, apalagi cahaya terang.

Jadi biasakan mematikan lampu sebelum tidur demi penghematan supaya depresinya tidak double menghadapi tagihan rekening listrik.

LifeStyle Magazine said...

saya selalu matiin lampu mas.. lebih adem kayanya

TuSuda said...

jadi ada baiknya tidak menyalakan lampu saat tidur malam..demi kesehatan...siiplah...

ogameslucky said...

KAlau sy lampunya tetap nyala gan

Fir'aun NgebLoG said...

klo saya biasa tidur dengan ruangan gelap, tp klo anak kecil biasanya suka ketakutan klo tidur di ruangan yg gelap.
lalu, mesti gimana tuch?...

situsonline said...

kl saya tidur sukanya matiin lampu,jd ga nampak kl main raba2,heheh

TUKANG CoLoNG said...

makanya kalo tidur aku lebih suka dalam gelap.:)

Joko Sutarto said...

Saya pernah baca juga. Benar, pernah ada penelitian lain terhadap manusia kalau kita tidur dalam cahaya terang akan membuat kita menjadi bertambah gemuk.

Masalahnya, kalau anak-anak cenderung takut kalau tidur dalam cahaya remang-remang apalagi dalam gelap. Jadinya, saya yang susah tak bisa nurunin berat badan saya.

Powered by Blogger.