Galaksi NGC 4150 Memangsa Galaksi Yang Lebih Kecil Demi Bertahan Hidup

Monday, November 22, 2010

Ada lebih dari satu cara untuk bisa terlihat tetap muda. Tentu saja!

Para astronom mempelajari sebuah galaksi elips tua bernama NGC 4150, dan telah menemukan bahwa galaksi tersebut masih memproduksi bintang-bintang meskipun sudah lanjut usia.

Lalu, apa rahasia awet mudanya? Yeah, Kanibalisme jawabannya.

NGC 4150 mengkonsumsi galaksi yang lebih kecil dan memperoleh kehidupan baru dari bintang yang telah disantapnya dalam proses mempertahankan hidup.

Gambar ini diambil dengan Teleskop Hubble Space NASA, mengungkapkan kelahiran bintang baru pada galaksi elips kuno NGC 4150, terletak sekitar 44 juta tahun cahaya.

"Galaksi-galaksi elips harusnya sudah membuat semua bintang-bintangnya miliaran tahun yang lalu," kata Mark Crockett dari University of Oxford. "Kami menemukan bukti kelahiran bintang pada beberapa galaksi elips, sebagian besar terdorong dengan mengorbankan galaksi yang lebih kecil."

Crockett dan timnya berpikir bahwa NGC 4150 bertabrakan dengan galaksi yang jauh lebih kecil sekitar satu miliar tahun yang lalu. Galaksi kecil kaya akan gas menyediakan NGC 4150 bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan bintang lebih banyak.

Galaksi ini disebut sebagai Galaksi elips karena bentuknya seperti telur, menurut Universe Today.

Crockett dan timnya menggunakan Teleskop Hubble Space NASA untuk melihat gambar inti NGC 4150. Mereka melihat bahwa galaksi berisi gumpalan-gumpalan galaksi muda, bintang biru yang secara signifikan berumur kurang dari satu miliar tahun.

Bintang-bintang ini membentuk cincin pada inti galaksi, sekitar 1.300 tahun cahaya. Itu sekitar 85 juta kali jarak bumi ke matahari.

"Kami percaya bahwa pergabungan dengan galaksi kecil, galaksi yang kaya akan gas sekitar satu miliar tahun lalu mensuplai NGC 4150 dengan bahan bakar yang diperlukan untuk membentuk bintang baru," kata Kaviraj.

Kunci untuk penelitian ini menggunakan lampu ultra-violet, yang mampu mengambil cahaya biru dari bintang-bintang muda dan terpisah dari cahaya merah bintang-bintang yang lebih tua. (aolnews)

IMROEE | Galaksi NGC 4150 Memangsa Galaksi Yang Lebih Kecil Demi Bertahan Hidup

1 komentar:

Yuda said...

Saya pikir binatang saja yang suka berbuat kanibal,ternyata Galaxy juga ada ya.