Ilmuwan Mengajar Robot Membaca

Sunday, November 28, 2010

Ilmuwan Mengajar Robot Membaca - imroee.blogspot.com - Seperti mengajar manusia, para ilmuwan mencoba untuk mengajar robot cara membaca sehingga robot tersebut dapat memahami tanda-tanda nama jalan dan toko, supaya robot itu sendiri bisa hidup mandiri.

Para ahli percaya dengan mengembangkan kecerdasan buatan melek huruf, harusnya relatif sederhana karena komputer sekarang sudah mampu mengubah teks-teks buku yang di-scan menjadi bentuk teks seperti pada Microsoft Word.



Sebuah tim ahli robotika telah menguji sebuah robot bernama Marge, yang telah dilengkapi dengan teknologi perangkat luanak pembaca Optical Character Recognition (OCR).

[More Story: Robot NASA memecahkan Misteri Pembunuhan Gadis 19 Tahun Lalu]

Diharapkan teknologi yang masih muda ini dapat digunakan dalam operasi penyelamatan dan bekerja di luar gedung, dimana robot-robot tersebut akan masuk ke dalam gedung berdasarkan tanda-tanda yang dibaca.

Versi prototipe awal ini telah dilengkapi dengan kamus dan pemeriksa ejaan sehingga dapat menginterpretasikan teks yang tidak jelas tertulis.

Doktor Ingmar Posner, seorang pakar robotika di Universitas Oxford, mengatakan bahwa dengan adanya mesin yang dapat membaca, itu akan menjadi langkah maju yang signifikan.

"Dengan membaca label pada sebuah pintu yang tertutup, Anda kadang-kadang bisa mendapatkan ide yang baik dari apa yang dapat ditemukan di balik itu," katanya kepada New Scientist. 'Membaca dapat membantu Anda mendeteksi hal-hal yang anda tidak bisa lihat secara langsung."

Namun, robot memiliki kesulitan, yakni tidak bisa menulis dan masih belum bisa membaca teks pada permukaan melengkung.



Dr. Posner menambahkan: 'Perangkat lunak OCR tidak diperuntukkan untuk benda-benda yang tidak mungkin dilihat dalam bentuk teks." Namun, ia menambahkan, "Perangkat Ini mencoba level terbaiknya memaksa segala sesuatu ke dalam bentuk teks - Dinding bata, cerobong asap, apa saja."

Seperti dikutib Daily Mail, robot bernama Merge ini sudah bisa mengenali beberapa teks dan mengaitkannya dengan objek tertentu, seperti Barclays adalah bank dan Strada adalah restoran.

Dr. Posner bekerja pada skema ini bersama Peter Corke di Universitas Teknologi Queensland di Australia.

[More Story: Misi NASA Mengirim Astronot ke Planet Mars Hidup Selamanya Di Sana (Sampai Mampus)]

Gregory Dudek, dari McGill University, Montreal, Kanada, menggambarkan mengajar mesin membaca sebagai "penyegaran orisinil"

'Saya pribadi percaya bahwa pemanfaatan metode OCR dalam konteks robotik mobile menghasilkan banyak manfaat, "katanya.

"Bahkan, setelah Anda merenungkan itu, tidak ada keraguan itu akan sangat berguna." (dailymail.co.uk)

9 komentar:

Imtikhan said...

salam sahabat
makin keren aja ya

Fir'aun NgebLoG said...

lama-lama dunia ini bisa dikuasai oleh para robot tuch seperti di film iRobot
ntar manusia bisa tersingkirkan :D hehehe

ARaLL said...

waw sangant luar biasa kemanjuan teknologi saat ini,,,

uli mayang said...

waduh lama2 semua di tangani robot. kira2 kalau robot dah pinter n punya emosi sendiri masih mau gak ya di perintah manusia?? heheh..

Teras Info said...

wah....makin maju aja ya tekhnologi di dunia ini....jangan2, nanti lama-kelamaan dunia ini di kuasai sama robot lagi..he..he...

Joko Sutarto said...

Kalau robot-robot semakin pintar apalagi sudah bisa membaca, yang jelas kedepan sedikit demi sedikit tugas-tugas yang biasanya dikerjakan manusia akan semakin berkurang dan bisa didelegasikan kepada robot.

MOXIE said...

Zaman Robot...semuanya bisa2 dikerjain robot...lalu2 kita2 pada ngapain yaa hehehe salam kenal

agoest said...

jangan sampai otak kita menjadi seperti robot..stagnan....

Anonymous said...

I’ve recently started a blog, the information you provide on this site has helped me tremendously. Thank you for all of your time & work.