Takut Cacing (Scoleciphobia)

Saturday, November 20, 2010


Scoleciphobia adalah gejala ketakutan yang dialami seseorang terhadap cacing, atau singkatnya takut cacing. Melihat cacing, atau benda apapun yang tampak menyerupai cacing, dapat menyebabkan seseorang yang menderita fobia ini memiliki ketakutan ekstrim atau bahkan bisa terkena serangan panik yang luar biasa.

Menurut DSM-IV TR, Scoleciphobia adalah gangguan yang diklasifikasikan sebagai Phobia spesifik dari jenis hewan. Scoleciphobia merupakan subtipe tertentu yang umumnya dialami pada masa kanak-kanak awal dan terus berlangsung hingga dewasa. Scoleciphobia memiliki tingkat prevelance sebesar 5,1% hingga 12,5% menurut National Institute of Mental Health. Individu dengan gangguan ini biasanya mengakui bahwa ketakutan mereka berlebihan dan/atau tidak masuk akal.

Namun, meskipun demikian, orang-orang yang mederita Scoleciphobia masih dapat menjalani hidup mereka dengan menemukan hal-hal yang bisa mengurangi rasa takut itu. Mereka yang menderita Scoleciphobia biasanya menjalani hidup mereka dengan berusaha keras menghindari kegiatan tertentu karena kemungkinan bersentuhan dengan rangsangan atau objek-objek yang ditakuti, yang berhubungan dengan cacing. Ketakutan ini dapat berkisar dari respon rasa takut yang ringan di hadapan cacing nyata seperti ketakutan yang muncul karena melihat gambar cacing.

Ini menunjukkan bahwa anggota keluarga dari seseorang yang terdiagnosis Scoleciphobia memiliki peningkatan risiko gangguan tersebut. Terutama pada keluarga biologis pertama seseorang yang menderita gangguan scoleciphobia, atau ketakutan terhadap jenis hewan tertentu, lebih mungkin mengalami gangguan fobia hewan daripada masyarakat umum.

0 komentar: