Apakah Ini Foto? Bukan, Ini Adalah Lukisan Realistis Karya Seniman Denis Peterson

Thursday, December 30, 2010

Lukisan-lukisan Realistis Karya Seniman Denis Peterson | IMROEE - Denis Peterson, seorang seniman yang mengesankan penonton yang terkesan dengan adegan-adegan realitas kehidupan yang memperlihatkan kota-kota di seluruh dunia, yang dituangkan dalam bentuk 'Foto". Tetapi mereka kaget ketika mereka menyadari setiap inci gambar-gambar itu ternyata dilukis. Gambar berikut bukan foto tapi lukisan.

Pada pandangan pertama beberapa karyanya terlihat seperti papan reklame sederhana di atas perkotaan yang sibuk.

Tetapi setelah diperiksa lebih dekat lagi, rahasia tersembunyi terungkap - bahkan orang-orang dengan ukuran kecil dalam gambar dan bayangan jelas terlihat pada jendela-jendela sebagai latar belakang telah disihir dengan sapuan kuas Denis Peterson

'Gloucester Road di Brighton': Seniman asal New York, Denis Peterson memulai dengan foto ukuran  kecil kemudian membesar dari 1000 hingga 2000 kali untuk dapat melihat setiap bata bangunan
'Vortex': Lukisan-lukisan begitu rinci sehingga harus lebih dekat memeriksanya untuk menyadari bahwa lukisan-lukisan itu bukan foto
'Apocolypse': Denis Peterson meninggalkan penonton yang terkesan dengan adegan-adegan realitas kehidupan yang menunjukkan momen-momen tertentu di berbagai kota di seluruh dunia
Lukisan-lukisan terlihat seperti foto yang tentu saja sangat mengesankan siapapun yang melihatnya. lukisan kedua Denis menghabiskan waktu selama satu bulan untuk menyelesaikannya.

Seniman 64 tahun dari New York ini mulai berkarya dengan foto ukuran kecil yang kemudian meledak menjadi 1000 hingga 2000 kali lebih besar untuk dapat melihat dengan jelas setiap bata, ekspresi wajah dan daun.

Dia adalah salah satu 'photorealists' pertama yang muncul di New York pada 1960-an dan awal 1970-an dan secara luas diakui sebagai pendiri 'hiper-realisme'.

'Whipping Post Lane': Lukisan ini adalah sebuah desa dekat Brighton Rottingdean, menghabiskan waktu selama satu bulan untuk menyelesaikannya
Bahkan orang-orang dengan ukuran kecil sebagai latar depan juga dilukis
Bahkan orang-orang yang berlalu-lalang pada latar depan dituangkan di atas kanvas
Pada websitenya, Denis mengatakan: "Sebagai laporan visual yang bermakna, lukisan saya melalui proses transformasi lukisan. Ilusi realitas alternatif adalah yang kedua, itu suatu sarana untuk mencapai tujuan. Tujuan saya adalah untuk membuat komposisi abadi yang mengesankan penonton dan membangkitkan respon inti."

Karyanya yang paling baru melibatkan adegan jalan dengan orang-orang yang 'dibebani' oleh iklan billboard, seperti yang tampak di kota New York.

Beberapa karya sebelumnya tampak pada penderitaan yang dirasakan oleh orang-orang yang diberlakukan oleh pemerintah dan masyarakat yang memunculkan pertanyaan moral dan politik tentang rezim militer.

Karya-karyanya telah dipamerkan di galeri-galeri dan museum-museum di New York, New Jersey, Ohio, Virginia, Utah, California, Inggris, Italia, Corsica, Swiss, dan Perancis. (dailymail.co.uk)

Lukisan-lukisan yang telah dipajang di galeri di seluruh dunia
IMROEE | Bukan Foto Tapi Lukisan Realistis Karya Seniman Denis Peterson

3 komentar:

adeTruna said...

keren ya, memang orang itu kalau sudah talenta-nya susah utk dibendung :)

Rohani syawaliah said...

aku mau dong dilukis kayak gini juga.... wkwkwkwkk

imroee said...

Kalau mau dilukis kayak gitu pasti bayarannya selangit.