Desain Hotel Anti Bencana (Ark Hotel) Mirip Bahtera Nuh

Tuesday, January 11, 2011

Ark Hotel: Desain Hotel Anti Bencana Mirip Bahtera Nuh | IMROEE - Ark Hotel tampak seperti persilangan antara Bahtera Nuh dengan sesuatu dari film fiksi ilmiah tahun 1970-an. Hotel Bahtera (Ark Hotel) futuristik ini telah dirancang untuk menahan banjir akibat naiknya permukaan air laut.

Hotel raksasa yang bisa mengambang ini diklaim juga sebagai 'biosfer', surga yang nyaman bagi para penghuninya, bahkan saat bencana sekalipun. Tidak hanya itu, hotel yang memiliki bentuk menyerupai kerang ini menawarkan lingkungan yang hijau untuk para tamu.

Futuristik: Hotel Bahtera (Ark Hotel) telah dirancang untuk menahan banjir akibat kenaikan permukaan laut, menawarkan lingkungan yang hijau, dan akan menahan gelombang pasang dan bencana alam lainnya


Arsitek hotel ini mengatakan desain Ark Hotel berbentuk kerang tersebut terdiri dari konstruksi busur dan kabel dengan bantalan yang mendistribusikan berat secara merata sehingga hotel kebal terhadap gempa bumi.

Suplai tenaga listrik diperoleh dengan menggunakan panel surya sedangkan untuk kebutuhan air bersih menggunakan sistem pengumpulan air hujan.

Ark Hotel juga dilengkapi dengan lingkungan yang menyerupai rumah kaca yang memungkinkan tanaman tumbuh subur untuk membantu menyediakan sumber makanan.

Karena struktur hotel yang tembus pandang, cahaya matahari cukup disaring melalui ruang internal untuk mengurangi penggunaan cahaya lampu sebagai penerang ruangan. Dan untuk menjamin kualitas cahaya, frame dilindungi dengan lapisan pembersih otomatis.

Biosfer: Desain yang menggunakan panel surya dan sistem pengumpulan air hujan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan air para penghuni hotel.
Di laut: Struktur hotel yang tembus pandang membuatnya hemat energi di siang hari.
Hotel Bahtera ini telah dirancang oleh Remistudio, perusahaan asal Rusia dengan bantuan Uni Arsitek Internasional program Arsitektur Untuk Penanggulangan Bencana.

Alexander Remizov, dari Remistudio, mengatakan: "Untuk arsitektur hotel ada dua pertimbangan utama"

"Yang pertama adalah peningkatan keamanan dan tindakan pencegahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim dan perubahan iklim. Yang kedua adalah perlindungan lingkungan alam dari aktivitas manusia. Bahtera ini adalah suatu usaha untuk menjawab tantangan zaman kita."

Ark Hotel tidak hanya menjanjikan keamanan dan kenyamanan tetapi juga didesain mendukung sistem hidup mandiri

"Semua tanaman dipilih sesuai dengan kompatibilitas, pencahayaan dan efisiensi memproduksi oksigen, dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang menarik dan nyaman. Melalui atap transparan ada cukup cahaya bagi tanaman dan untuk menerangi kamar-kamar." (dailymail.co.uk)

Eco-zone: Hotel Bahtera ini telah dirancang oleh Remistudio, perusahaan asal Rusia dengan bantuan Uni Arsitek Internasional program Arsitektur Untuk Penanggulangan Bencana.

0 komentar: