Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu Pijar Pertama. Benarkah?

Monday, January 17, 2011

Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison selalu dianggap sebagai penemu bola lampu pijar pertama. Faktanya, Edison bukanlah seorang pionir pertama, tetapi mengembangkan sebuah eksperimen yang memperjelas tabung lampu hampa udara yang pernah didesain oleh seorang fisikawan asal Inggris, Joseph Wilson Swan.

Joseph Wilson Swan
Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu Pijar pertama. Benarkah? | IMROEE

Pada tahun 1860, Joseph Wilson Swan menggunakan kertas karbon sebagai filamen dalam percobaan bola lampunya; bagaimanapun, level hampa udara (vacuum level) yang rendah dan keterbatasan sumber tenaga menjauhkan Swan dari kesuksesan untuk percobaannya.
Lampu pertama percobaan
Joseph Wilson Swan

Tetapi 15 tahun kemudian, Swan kembali melakukan percobaan yang sama dengan menggunakan vacuum dan bahan karbon yang lebih baik, dia berencana untuk mendemontrasikan bagaimana cara kerja atau pengoperasian sebuah lampu pijar.

Selanjutnya, pada tahun 1880, Swan meggelar pasar malam perdagangan internasional pertama lampu-lampu listrik di Newcastle, Inggris, tetapi lampu yang ditemukan oleh Swan masih belum sempurna.

Swan tidak tertarik lagi mengembangkan atau menyempurnakan penemuan bola lampunya segera setelah itu dan beralih dengan masalah-masalah lain.

Lampu pertama percobaan Swan
Saat itulah Thomas Alva Edison yang telah melakukan ribuan percobaan muncul. Edison memilih meterial-material yang lebih cocok untuk filamen dan mengembangkan kontruksi bola lampu pijar.

Tidak seperti Swan, Edison lebih memiliki tujuan tertentu dan terus menerus fokus pada pencapaian prestasi sebagai goalnya, dan mencari keuntungan komersial dari implementasi bola lampu temuannya.

Lampu Pijar komersial pertama"Edison-Swan Lamps"
Lampu-lampu pertama Edison muncul di pasaran adalah yang disebut "Edison-Swan Lamps" (kadang-kadang juga disingkat "EdiSwan"). Kemudian, tidak tahu kenapa, nama Swan secara berangsur-angsur terlupakan dan sekarang Edison yang terkenal sebagai penemu bola lampu pijar.

Ada banyak penemuan Edison selama tahun 1883, di antaranya yang populer adalah "Efek Edison" (Edson's Effect) dan itu menjadi dasar dari seluruh teknik radio modern.

Efek Edison
Edison mengungkapkan bahwa jika sebuah plat metal diletakkan dekat filamen dan dihubungkan ke terminal postif baterai, arus listrik akan mengalir antara filamen dan plat itu.

Pada saat itu, alasannya sulit untuk dipahami, seperti tidak adanya arus listrik yang mengalir pada satu kondisi.

Faktanya, arus listrik berhenti mengalir ketika polaritas baterai diubah yang meninggalkan ketidakjelasan akan penemuan Edison tersebut. Meskipun naluri Edison untuk memperoleh profit tak terpatahkan dan memiliki intuisi yang tajam, Edison gagal menerapkan efek yang telah dia temukan.

Dioda Vakum Fleming dengan elektroda tambahan "anoda" dalam bentuk silinder mengelilingi  filamen.
Efek seperti yang diungkapkan oleh edison diterapkan dalam bidang keteknikan terutama listrik setelah lebih dari 20 tahun kemudian.

Pada tahun 1904, masih berdasar pada efek edison, Fisikawan Inggris bernama John Ambrose Fleming mendesain dan mematenkan lampu radio pertama di dunia yang disebut "Radio Valve" atau "Termionic Diode" yang didesain untuk konversi arus bolak-balik ke arus serarah dan untuk deteksi sinyal radio.

Dioda Fleming yang menjadi dasar kontruksi Bola Lampu Pijar
Banyak penemu-penemu mencoba untuk mendesain dioda Fleming dengan lebih sempurna untuk pendeteksian kualitas yang lebih tinggi pada sinyal-sinyal radio dan komunikasi tanpa kabel, yang kemudian berusaha menerapkannya untuk perbaikan arus bolak-balik daya tinggi.

Ini bisa dilihat pada gambar terakhir bahwa diode ini berbeda dengan lampu pijar, yang menggunakan filamen spiral dengan adanya penambahan sebuah flat ("anoda").

Akan tetapi penemuan Fleming ini kemudian menjadi dasar kontruksi dari sebuah Lampu Pijar.

IMROEE | Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu Pijar Pertama. Benarkah?

2 komentar:

Berita Pilihanku said...

edison emang bukan yg pertama, tapi hak patennya memang pertama.

Gilang Prima Sejati said...

Saya lagi cari-cari nih tenang lampu
kalau boleh tau itu sumbernya dari mana... biar jadi referensi yang lebih bisa dipertanggung jawabkan gan
mohon infonya
makasih