Menurut Anda Lady Gaga Adalah Seorang Pencuri?

Wednesday, September 29, 2010

Sejak ketenaran Lady Gaga meroket tahun 2008 lalu, Lady Gaga telah menjadi salah satu Popstars terbesar di planet ini dengan sejumlah tour yang tampaknya tidak bisa dihentikan, penghargaan, lagu-lagu nomor 1 di beberapa tangga lagu dan penggemar yang lebih mirip fans liga sepak bola.

Sebelum kita membandingkan Lady Gaga dengan artis-artis pendahulunya, kita lihat dulu foto-foto penampakan Gaga sebelum dan sesudah bermetamorfosis berikut:



Foto Stefani Joanne Germanotta sebelum bermetamorfosis menjadi Lady Gaga, Monster Kecil ini tampak polos polontong. Foto di atas adalah wujud asli Gaga yang direkam oleh kamera tersembunyi MTV di acara Boiling Point tahun 2005.



Penampakan Lady Gaga di JFK Airport New York, berjalan terhuyung-huyung dengan celana dalam mini dan sepatu setinggi 12 Inchi serta borgol menggantung lepas di pinggangnya. Tampak jelas Germanotta membuang imej girl-next-door-nya menjadi artis eksentrik bernama Lady Gaga. Mungkin ini yang disebuat menjadi diri sendiri?

Well, mari kita mulai membandingkan style Lady Gaga yang disebut-sebut ikon fashion ini dengan beberapa artis lainya.

Lady Gaga dan Theda Bara



Melirik gaya Hollywood tua: Bra (kalau aku sih menyebutnya tempurung kelapa) emas yang dikenakan Lady Gaga terlihat mirip dengan bra yang dikenakan oleh aktris silent screen bernama Theda Bara, yang bermain dalam film Cleopatra pada tahun 1917. Selain itu latar gambar juga punya kesamaan.

Lady Gaga dan David Bowie



Topi bertentuk petir yang dikenakan Lady Gaga punya kesamaan dengan gambar petir di wajah David Bowie yang merupakan cover album David Bowie pada tahun 1973 berjudul Aladdin Sane. Dan tampaknya apa yang ada di wajah Gaga juga berasal dari sumber yang sama.

Lady Gaga dan Madonna



Provokatif: Gaga di atas panggung di Paris tahun 2010 (kiri) dan Madonna dengan tournya tahun 1990 (kanan)

Majalah Sunday Times pernah menulis bahwa apa yang Lady Gaga tampilkan tidaklah orisinal untuk beberapa seniman musik muda saat ini, dia telah menyalin sejumlah ikon bintang tenar lainnya terutama Madonna.

Banyak kritikus memuji musik video Alejandro sebagai video pinjaman dari video Vogue dan Like A Prayer Madonna. Dan bahkan Camille Paglia, seorang penulis Majalah Sunday Times mengatakan Gaga telah meminjam begitu banyak dari Madonna yang seharusnya diminta, dimana titik pencurian kehormatan terjadi.

Lady Gaga dan Britney Spears



Lady Gaga mengenakan gaun berhiaskan permata dalam videonya berjudul Love Game tahun lalu, enam tahun setelah Britney Spears melakukan hal yang sama dalam video Toxic.

Lady Gaga dan Kylie Minogue



Tampaknya gaun Lady Gaga dan Kylie Minogue punya kesamaan. Sebagai pendatang baru, Lady Gaga mengenakan gaun warna merah di MTV Video Music Awards tahun 2008 dan Kylie Minogue mengenakan gaun warna putih dalam video Can't Get You Of My Head tahun 2001.

5 komentar:

ImRoee said...

Test....

tisnayairawan said...

setubuh...gwe se7 banget kalo gaga tuh bener2 plagiator artis2 sebelumnya...jdi heran aja kalo liat fansnya pada mencak2 ga ketulungan kalo dia diblang copycat.

Rohani Syawaliah said...

mirip banget ya dengan artes2 sebelumnya...

baru tau...

copycat banget..

tapi nggak nyangka juga banyak yg ngefans...

saya g ngikutin tren si

Anonymous said...

aaah lady gaga mah gayang berlebihan gw suka musiknya tapi ga suka orangny hehehe

Ipe can said...

permisi.
Blum tau yah klo Gaga mmg terinspirasi dr Madonna n David Bowie? N britney itu idola gaga dr kecil. Kalian tau apa?
Smw org berhak punya sumber inspirasi. Designer2 trkenal jg gt. N gaga g segitu gmpangx jd penyanyi. Dy udh lama jd songwriter d interscope bwt artis2 trnama ky britney, fergie, psd...
Dy jg lulusan art university ternama d ny. Nulis ballad pianox sndr d umur 14. Dy jg g sombong!