Movie Review Creator Facebook (Mark Zuckerberg) “The Social Network”

Tuesday, September 28, 2010

The Social Network
Movie Review Creator Facebook (Mark Zuckerberg) “The Social Network” - Dengan seperti mencuil karakter Shakespeare, film The Social Network arahan David Fincher marupakan salah satu film yang bisa dikatakan terheboh tahun ini. Subyek yang membicarakan generasi dalam lingkup irama jaringan sosial yang membuat separuh dari makhluk benama manusia seperti hidup di dunia maya. The Social Network memberikan rincian asal-usul situs yang kita kenal dengan nama Facebook yang kemudian berkembang dalam ranah bisnis yang diperkirakan memiliki nilai sebesar $ 25 miliar. Tapi layaknya sebuah film, The Social Network juga memberikan kesan bahwa terkadang sukses datang bersama korban manusia yang tidak dapat dihitung dalam gigabyte.

Skenario film yang menakjubkan, menggigit dan kaya rinci ditulis oleh Aaron Sorkin yang terinpirasi oleh buku Ben Mezrich berjudul The Accidental Billionaires, menghadirkan bingkai kisah tentang bagaimana Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg) menciptakan apa yang kemudian dikenal dengan Facebook.

Sorkin menceritakannya, Zuckerberg adalah seorang mahasiswa jenius di Harvard bertemu dengan sesama mahasiswa dan saudara kembar Cameron dan Tyler Winklevoss (Armie Hammer dan Josh Pence) yang punya ide membangun layanan koneksi kampus online. Rencana Si Kembar membutuhkan seorang maestro dan mereka meminta Zuckerberg yang brilian itu untuk menciptakan kode untuk membuat rencana tersebut menjadi kenyataan. Enam minggu berlalu sebelum akhirnya Mark mengatakan kepada mereka bahwa dia tidak bisa mewujudkan impian Si Kembar. Sementara itu, dengan bantuan uang starter sebesar $ 1.000 dari seorang temannya bernama Eduardo Saverin (Andrew Garfield), Zuckerberg malah bekerja pada variasi ide sendiri, yang nantinya akan menciptakan friksi antara teman, membuat musuh baru, tuntutan hukum dan akhirnya mengubah wajah internet.

Fincher dan Sorkin tidak pernah melupakan unsur keterikan manusia di sini meskipun kanvas berteknologi tinggi menjadi fitur dimana kisah itu dicat. Mengambil sebuah fenomena bisnis yang hanya berawal dari sebuah kamar asrama pada tahun 2003 dan membawanya menyebar dalam lingkaran penuh bola dunia sekarang dan merangkum berbagai caruk-maruk kehidupan: ambisi, jenius, kegelisahan, penipuan, pengkhianatan, dan mentalitas berhasil sebagai entrepreneur di dunia maya.



Jesse Eisenberg yang memerankan Zuckerberg dengan sempurna menangkap semua kontradiksi yang cukup besar dan kelemahan kepribadian ajaib di sini. Demikian juga dengan adegan Andrew Garfield yang memerankan Eduardo Saverin sebagai rekan dan teman setia Zuckerberg yang akhirnya kacau. Superstar Justin Timberlake juga ambil bagian memerankan Sean Parker, huckstering Napster yang licik. Armie Hammer memerankan dua karakter sekaligus yaitu kembar Winklevoss (dengan bantuan efek khusus wajah dan Josh Pence), Max Minghella dan Rooney Mara juga standout. - Movie Review Creator Facebook (Mark Zuckerberg) “The Social Network” -

- Distributor: Columbia Pictures
- Cast:
  • Mark Zuckerberg – Jesse Eisenberg
  • Eduardo Saverin – Andrew Garfield
  • Sean Parker – Justin Timberlake
  • Cameron and Tyler Winklevoss – Armie Hammer
  • Divya Narendra – Max Minghella
  • Rooney Mara, Max Minghella and David Selby
    - Director: David Fincher
    - Screenwriter: Aaron Sorkin
    - Producers: Scott Rudin, Cean Chaffin, Michael DeLuca and Dana Brunetti
    - Genre: Drama
    - Running time: 90 min
    - Release date: October 1, 2010