Tentang WikiLeaks

Saturday, November 20, 2010

IMROEE | Tentang WikiLeaks
Logo WikiLeaks
WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006.

Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.

WikiLeaks telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk New Media Award dari majalah Economist untuk tahun 2008. Pada bulan Juni 2009, WikiLeaks dan Julian Assange memenangkan UK Media Award dari Amnesty International (kategori New Media) untuk publikasi tahun 2008 berjudul Kenya: The Cry of Blood – Extra Judicial Killings and Disappearances, sebuah laporan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya tentang pembunuhan oleh polisi di Kenya. Pada bulan Mei 2010, New York Daily News menempatkan WikiLeaks pada peringkat pertama dalam "website yang benar-benar bisa mengubah berita".

Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan. (via Wikipedia)

Tentang Julian Paul Assange

1971: Julian Paul Assange Lahir di Townsville, Queensland, Australia. Hidupnya berpindah-pindah mengikuti aktivitas orangtuanya yang menjalankan kelompok teater keliling.

1992: Julian Paul Assange ditangkap polisi federal Australia dan mengaku bersalah atas 24 tuduhan kegiatan "hacking" dan dibebaskan dengan denda 2.100 dollar Australia. Sempat belajar Fisika dan Matematika di Universitas Melbourne walau tidak sampai mendapat gelar.

2006: Jualian Assage memulai WikiLeaks bersama sekelompok orang dengan pikiran serupa: membocorkan dokumen-dokumen rahasia untuk memerangi korupsi pemerintah dan korporasi.

2010: Ditahan polisi Inggris pada 7 Desember atas tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual atas dua wanita yang pernah bekerja di WikiLeaks.

11 Desember 2010: Para pendukung pediri WikiLeaks, Julian Assange, melakukan aksi protes untuk menyatakan dukungan kepada Assange dalam sebuah aksi demontrasi di Madrid (Spnyol), Amsterdam (Belanda), Lima (Peru) Bogota (Kolombia), Mexico City (Meksiko), dan kota-kota lain di Australia, termasuk Sydney. Para demonstran menyerukan proteksi bagi kebebasan pers atau tanpa sensor.

Kilas Balik WikiLeaks

Desember 2007: Merilis Prosedur Operasi Standar untuk Camp Delta, panduan tentara untuk menangani tahanan di Penjara Guantanamo. Disebutkan, tahanan tidak mendapat akses ke Palang Merah sampai lebih dari empat pekan.

September 2008: Surat elektronik calon wakil presiden Sarah Paling diunggah.

November 2008: Memublikasi 13.500 nama, alamat dan pekerjaan anggota British National Party yang beraliran kanan.

Oktober 2009: Merilis studi internal dampak kesehatan pengolahan limbah bahan bkar minyak perusahaan Trafigura di Afrika. Laporan yang ditulis ilmuwan John Minton menyebutkan pengolahan dilakukan secara amatir.

April 2010: Memublikasi cuplikan video serangan helikopter AS terhadap warga sipil di Baghdad, Irak, pada tahun 2007.

Juli 2010: Merilis lebih dari 90.000 dokumen peristiwa dan laporan intelijen tentang konflik di Afganistan sejak tahun 2004.

November 2010: Merilis 250.000 kawat diplomatik rahasia dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di sejumlah negara.

Isu Hangat WikiLeaks

Kuasa Usaha AS di Damaskus mengungkapkan, Suriah terus membantu mengembangkan kekuatan militer Hezbollah. Menyatakah bahwa Hazbollah memiliki 40.000-50.000 rudal balistik tipe Fatih 11 mempu mencapai kota Tel Aviv, Israel. Hezbollah juga memiliki 10 rudah canggih tipe Scud D.

Kawat diplomatik yang ditandatangani oleh Hillary Clinton mengungkapkan, NATO memiliki rencana rahasia untuk membangun sistem pertahanan di negara-negara Baltik eks Uni Soviet, yakni Estonia, Latvia, dan Lituania.

Kedutaan Besar AS di Managua, Nikaragua, pada tahun 2008 melaporkan, para pejabat negara itu menerima bantuan langsung berupa uang tunai dari Venzuela. Presiden Nikaragua Daniel Ortegaa disebut menerima uang hasil penjualan minyak Venezuela untuk membiayai kampanye partai berkuasa.

Daftar lokasi instalasi-instalasi vital bagi kepentingan AS di seluruh dunia dirilis. Daftar lokasi strategis tersebut muncul dalam komukasi diplomatik antara Deplu AS dan kantor-kantor perwakilan AS di seluruh dunia, Februari 2009.

Sebuah kawat diplomatik tahun 2009 mengungkapkan soal pertemuan diplomatik rahasia tingkat inggi antara Israel dan Arab Saudi, Qatar, Kesultanan Oman, dan Uni Emirat Arab. Para diplomat negara Arab teluk itu meminta bantuan secara rahasia kepada Israel untuk menyampaikan surat mereka kepada AS agar Washington bersikap lebih keras terhadap Iran.

Situs Google diperintahkan oleh otoritas China untuk diserang. Satu isi memo yang dikirimkan diplomat AS yang bertugas di Beijing ke Washington menyebutkan, perintah itu datang dari Komite Utama Politbiro, salah satu alat penting Partai Komunis China.

AS miminta Jerman tak menangkap dan menahan 13 agen CIA yang terlibat kasus salah tangkap seorang warga negara Jerman pada tahun 2003. Dalam sebuah kawat tertanggal Februari 2007, AS juga mengancam, apabila Jerman menangkap para agen CIA itu, hubungan Jerman-AS akan terganggu.

Kawat-kawat diplomatik menunjukkan bagaimana AS memanipulasi perjanjian soal iklim. AS menggunakan peran mata-mata, ancaman, dan janji-janji bantuan untuk meraih dukungan demi terciptanya kesepakatan Kopenhagen pada Desember 2009. (koran kompas edisi Minggu, 13 Desember 2010)

IMROEE | Tentang WikiLeaks

0 komentar: