WikiLeaks Terpaksa Mengubah Domain

Saturday, December 4, 2010

Wikileaks terpaksa mengubah alamat websitenya setelah perusahaan yang menyediakan nama domain untuk WikiLeaks memutuskan layanannya.

WikiLeaks Terpaksa Mengubah Domain | IMROEE - EveryDNS.net mengatakan telah menghentikan layanan untuk Wikileaks karena Wikileaks.org telah menimbulkan serangan cyber besar-besaran.

Tapi Wikileaks muncul kembali dengan menggunakan alamat website asal Swiss.

Wikileaks juga menggunakan situs micro-blogging Twitter untuk mendorong fans website tersebut untuk mendistribusikan kembali bahan "mentah"-nya sehingga dapat dilihat setiap saat.

Alamat Protokol Internet numerik (IP) tetap ada dan dapat diakses bahkan ketika domain web yang alamat normal dengan "www" digunakan untuk mengakses sebagian besar situs tidak tersedia.

Para ahli mengatakan ada kemungkinan bahwa Wikileaks telah melakukan kesepakatan dengan banyak perusahaan web hosting, meskipun kemungkinan banyak perusahaan web hosting yang mundur karena berurusan dengan situs kontroversial dan serangan web baru-baru ini.

WikiLeaks juga menerbitkan situs-situs bayangan, yang mana Wikileaks berharap akan menyediakan akses yang konstan ke situs Wikileaks.

Beberapa situs hanya menyalin konten dari Wikileaks dan menaruhnya di server web yang berbeda, sementara yang lain menggunakan nama domain yang berbeda untuk merujuk pada konten asli.

Semakin banyak situs-situs yang ada, akan semakin sulit menutup Wikileaks, analis keamanan Paul Mutton mengatakan kepada BBC.

Di Perancis, Menteri Perindustrian Eric Besson menyerukan larangan Wikileaks di server-server Prancis.

Salah satu situs bayangan yaitu Wikileaks.ch, yang menggunakan layanan hosting di server Perancis.

Dalam sebuah posting di Twitter, Wikileaks mengakui bahwa domainnya telah "dibunuh" oleh EveryDNS.net. Tidak jelas berapa lama gangguan ke situs wikileaks.org akan berlangsung.

Dalam pernyataan di situsnya, EveryDNS.net mengatakan telah mengeluarkan pemberitahuan pemberhentian 24-jam untuk Wikileaks pada 03: 00 GMT pada tanggal 2 Desember.

Dikatakan bahwa domain wikileaks.org telah menjadi target "berbagai macam serangan penolakan layanan (DDOS)".

"Serangan-serangan ini telah, dan di masa depan akan mengancam stabilitas infrastruktur EveryDNS.net, yang memungkinkan akses ke hampir 500.000 situs lain," katanya.

Website menggunakan perusahaan hosting seperti EveryDNS.net untuk menerjemahkan alamat IP asli mereka ke alamat web lebih terkesan seperti Wikileaks.org.

Namun alamat IP dari website juga akan mengarahkan pengguna ke situs WikiLeaks.

Seorang pakar web menjelaskan bahwa Wikileaks telah berhasil membangun kembali akses web melalui alamat yang berbeda.

"Pengguna mengunjungi website www.wikileaks.ch tampaknya diarahkan melalui situs web Swedia ke server di Prancis yang sekarang merupakan hosting situs utama mereka," jelas Sebastien Lahtinen, direktur perusahaan web hosting NetConnex.

Dalam twist yang mengejutkan, alamat .[dot]ch ini juga di-host oleh EveryDNS.

"Tampaknya pilihan yang aneh mengingat bahwa mereka menarik steker pada alamat .[dot]Org hanya beberapa jam lalu," kata Paul Mutton, seorang analis keamanan di perusahaan layanan internet Netcraft. "Bisa jadi Wikileaks cukup senang memainkan permainan kucing dan tikus dengan mereka," tambahnya.

Menggunakan domain Wikileaks Swiss bisa mengantisipasi serentetan serangan berikutnya, kata Mr. Mutton.

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, saat ini dilaporkan bersembunyi di sebuah alamat rahasia di Inggris. Dalam sesi tanya-jawab di situs koran Guardian, ia mengatakan ada ancaman terhadap hidupnya.

"Kami mengambil tindakan yang sesuai dengan gelar yang kami dapat ketika berhadapan dengan kekuatan super," tulis Mr. Assange.

Ia juga menyerukan tuntutan pidana yang akan diajukan kepada Tom Flanagan, penasihat mantan Perdana Menteri Stephen Harper Kanada. Mr. Assange merujuk pada komentar Mr. Flanagan bahwa "Assange harus dibunuh ... Saya pikir Obama harus mengeluarkan kontrak ... Aku tidak akan merasa bahagia jika Assange tidak lenyap".

Ketika ditanya tentang alternatif-alternatif untuk cache material Wikileaks apakah itu harus "dibawa keluar" secara teknis, Mr. Assange mengatakan: "Arsip Gerbang Kabel (Cable Gate) telah tersebar, bersama dengan bahan yang signifikan dari AS dan negara lain untuk lebih dari 100.000 orang dalam keadaan terenkripsi."

"Jika sesuatu terjadi pada kita, bagian-bagian kunci akan dirilis secara otomatis. Selanjutnya, arsip Cable Gate berada di tangan berbagai organisasi berita. Sejarah akan menang, dunia akan diangkat ke tempat yang lebih baik. Akankah kita bertahan? Itu tergantung pada Anda."

Wikileaks mengatakan situs web telah diserang sejak mulai menerbitkan lebih dari 250.000 dokumen rahasia diplomatik AS. Memo-memo yang membahas hubungan diplomatik AS dan kegiatan militer, telah menimbulkan kontroversi di seluruh dunia.

Toko online Amazon menghapus WikiLeaks dari situsnya pada hari Rabu (01-12-2010), yang disambut baik oleh para pejabat AS.

Namun, Amazon mengatakan bahwa Wikileaks didepak dari Amazon bukan karena tekanan dari penyelidikan pemerintah AS melainkan karena Wikileaks telah gagal mematuhi syarat pelayanan.

Tetapi para pegiat kebebasan berbicara tetap menantang. Salah satunya, John Perry Barlow, pendiri Electronic Frontier Foundation, melalui posting di twitternya mengatakan, "Perang info serius pertama sekarang bergerak. Medan pertempuran Wikileaks. Anda adalah tentara." (bbc.co.uk)

IMROEE | WikiLeaks Terpaksa Mengubah Domain

6 komentar:

Joko Sutarto said...

WikiLeaks, semakin dibendung semakin menyebar informasi rahasianya. Dan saya rasa tak ada satu pun orang yang sanggup untuk membendung informasi yang sudah terlanjur menyebar di internet.

Kasihan nasib Julian Assange, sang pendiri WikiLeaks, dia menjadi orang paling diburu di dunia ini.

@nonaedda said...

berkunjuuung :D
saya jarang denger ada wikileaks

imroee said...

kayaknya memang semakin sulit dibendung, situs2 bayangannya juga semakin merajalela.

imroee said...

@nonaedda

masa sih jarang denger ada wikileaks!? di situs2 luar ada di mana2, makanya saya comot satu dari bbc.

Fir'aun NgebLoG said...

wah... ni info baru kyknya!
thx yach :D

Reza Saputra said...

sepertinya si wikileask jadi tren akhir tahun 2010 nih