Facebook TIDAK Akan Ditutup atau Berakhir pada Tanggal 15 Maret 2011

Monday, January 10, 2011

Facebook TIDAK Akan Ditutup atau Berakhir pada Tanggal 15 Maret 2011 | IMROEE - Apakah Anda sudah mengetahui berita tentang Facebook akan berakhir pada tanggal 15 Maret 2011? Jika belum, silahkan meluncur membaca Heboh Facebook Akan Ditutup pada Tanggal 15 Maret 2011 yang dikutip sepenuhnya dari Weekly World News.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook
Berita tentang Facebook akan ditutup oleh Mark Zuckerberg menyebar seperti api yang dimulai pada akhir pekan (Sabtu, 8 Januari 2011), bahwa situs jejaring sosial paling populer di dunia itu akan ditutup pada tanggal 15 Maret 2011.

Alasannya? Karena CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengklaim bahwa ia stres mengelola Facebook yang telah menghancurkan hidupnya dan ia harus mengakhiri kegilaan itu.

Hanya ada satu masalah dengan berita tersebut. Itu tidak benar. Graham Cluley, salah satu pimpinan konsultan teknologi SOPHOS.com, menyatakan Facebook tidak akan berakhir atau ditutup pada tanggal 15 Maret, dan Mark Zuckerberg tidak pernah mengatakan hal seperti itu.

Tapi itu tidak menghentikan banyak pengguna Facebook menyebarkan berita tersebut: Facebook akan berakhir pada tanggal 15 Maret! {termasuk blog ini, LOL}.

Banyak pesan di Facebook yang menyertakan link ke situs yang memuat rumor tentang Facebook akan ditutup pada bulan Maret, dimana para pengguna dapat membacanya lebih lanjut:

Facebook akan berakhir pada tanggal 15 Maret! Link ke Weekly World News
Facebook akan berakhir pada tanggal 15 Maret! Link ke Weekly World News

Jika Anda mengklik link tersebut, di sinilah Anda akan dibawa. Sebuah situs berita yang juga memberitahukan kepada kita bahwa Mike Tyson adalah merpati tukang berkhayal yang mendedikasikan hidupnya untuk merpati, Michelle Obama hamil dan Alien akan menyerang bumi pada bulan Februari 2011:

Facebook akan berakhir pada tanggal 15 Maret! Weekly World News
Mike Tyson adalah merpati tukang berkhayal yang mendedikasikan hidupnya untuk merpati, Michelle Obama hamil dan Alien akan menyerang bumi pada bulan Februari 2011, dll
Namun, berita yang diterbitkan oleh Weekly World News seperti dibuat oleh mereka sendiri, penuh dengan kutipan mengada-ada dan hiperbola. Misalnya, kutipan seorang perwakilan Facebook, yang mengatakan bahwa para pengguna Facebook dapat kehilangan semua foto mereka:

"Setelah tanggal 15 Maret seluruh website (Facebook) ditutup," kata Avrat Humarthi, Wakil Presiden Technical Affairs di Facebook. "Jadi, jika anda ingin melihat foto Anda lagi, saya sarankan mengambil foto-foto anda dari internet. Anda tidak akan bisa mendapatkan foto-foto itu kembali ketika Facebook keluar dari bisnis."

Di sini terlihat bahwa sangat tidak bijaksana rasanya seorang pengguna Facebook tidak memiliki cadangan foto-foto mereka daripada mengandalkan Facebook. Ini tidak lebih dari berita mengada-ada yang menunjukkan ketakutan kepada orang-orang bahwa mereka harus melakukannya sebelum tanggal 15 Maret 2011 karena Facebook akan ditutup.

Graham Cluley terang-terangan menentang pernyataan itu. Ia bahkan menekankan para pengguna untuk membuat otak dan kecerdasan tetap terjaga dan mengikut perkembangan terkini tentang hoax, serangan malware dan penipuan yang menyebar cepat dan merajalela di Facebook.

Alasan Graham cukup masuk akal. Lagi pula terdengar ironis bila Facebook akan menutup bisnis, mengingat raksasa Wall Street, Goldman Sachs, baru-baru ini menyuntikan dana masif sebesar 450 juta dolar. Tak hanya itu, pembelian saham pun diprediksi mempercepat rencana Facebook yang secara resmi telah mengumumkan akan melakukan penawaran saham pada publik (IPO) pada 2012. (nakedsecurity.sophos.com | republika.co.id)

0 komentar: