Penemuan-Penemuan Terbesar Nikola Tesla Yang Tidak Pernah Diwujud-Nyatakan

Friday, December 3, 2010

Penemuan-Penemuan Terbesar Nikola Tesla Yang Tidak Pernah Diwujud-Nyatakan

Magnifying Transmitter yang diangkat dalam film The Prestige
Ilmuwan Gila! Anda tidak salah baca, Nikola Tesla pernah mendapat julukan seperti itu. Namun, Tesla adalah seorang penemu yang mampu menyaingi penemu-penemu dan ilmuwan yang lain dalam sejarah atau budaya populer, hanya karena kepribadian eksentriknya yang terlihat ganjil dan klaim-klaim aneh tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Tesla pun pada akhirnya diasingkan dan dicap sebagai ilmuwan gila (mad scientist).

Nikola Tesla (10 Juli 1856 – 7 Januari 1943) adalah seorang inventor dan Insinyur bidang mekanika dan listrik. Ia adalah seorang Kontributor yang sangat penting dalam perkembangan listrik secara komersial dan juga terkenal dengan revolusinya mengenai perkembangan medan elektromagnetik pada akhir abad ke-19 dan awal-awal abad ke-20. Tesla mendapatkan hak paten atas teorinya mengenai sistem tenaga listrik arus bolak balik (AC = Alternating Current), termasuk di dalamnya sistem distribusi listrik fasa banyak dan motor arus bolak-balik, yang mana membantu mengantarkan kita pada Revolusi Industri kedua. [Read More: Nikola Tesla (10 Juli 1856 – 7 Januari 1943)]

Berikut adalah beberapa Penemuan-Penemuan Terbesar Nikola Tesla yang Tidak Pernah di Wujud-Nyatakan Selama Tesla Masih Hidup:

Transfer Energi Nirkabel Jarak Jauh

Wardenclyffe Tower
Nikola Tesla mengembangkan transmisi energi melalui beberapa ciptaannya seperti radio dan gelombang mikro, kumparan Tesla, dan Magnifying Transmitter yang merupakan versi lebih lanjut dari kumparan Tesla yang bisa menghasilkan tegangan yang sangat tinggi. Tapi Nikola Tesla berusaha untuk menciptakan sebuah sistem dimana energi dapat pancarkan dari jarak yang sangat jauh. Untuk itu, ia membangun Menara Wardenclyffe (Wardenclyffe Tower) di Shoreham, Long Island, yang berfungsi sebagai sarana telekomunikasi nirkabel dan pengiriman daya listrik. Namun, Nikola Tesla tidak pernah memenuhi impiannya untuk menciptakan sebuah sistem tenaga listrik nirkable di seluruh dunia karena JP Morgan, orang yang mendanai pembangunan Wardenclyffe Tower menarik dananya.

Humanoid Robots

Humanoid Robots
Pada tahun 1898, Tesla mendemonstrasikan perahu radio kontrol, yang mana Nikola Tesla mampu kendalikan dari jarak jauh. Nikola Tesla mempersembahkan ras robot masa depan yang pertama, yang akan mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan dengan aman dan efektif, dan mendapat kredit dari berbagai acara sebagai kelahiran robotika.

Death Ray

Death Ray
Pada 1930-an, Nikola Tesla mengklaim telah menemukan senjata penembak partikel disebut Death Ray, tapi ada juga beberapa yang menyebutnya "Peace Ray." Perangkat ini, secara teori, mampu menghasilkan sebuah intensitas sinar yang sangat tinggi, menargetkan sasaran tertentu dengan mengirim energi dari jarak jauh untuk menghancurkan pesawat tempur, tentara asing, atau apa pun yang ingin dihancurkan atau tidak diinginkan keberadaannya. Nikola Tesla menawarkan rencananya ini ke berbagai kelompok militer nasional, tetapi tidak pernah menemukan orang yang mau membiayai konstruksi rencana Nikola Tesla Tersebut.

Tidak diketahui apakah Nikola Tesla pernah mengembangkan prototipe ini, demikian juga dengan rencana untuk Death Ray-nya tidak pernah ditemukan setelah kematiannya.

Pesawat-Pesawat Canggih Tak Bersayap (Improved Airships)

Improved Airships
Nikola Tesla membayangkan menerapkan teori tentang transfer energi nirkabel untuk meningkatkan unjuk kerja sistem transportasi. Nikola Tesla mengklaim bahwa airships bertenaga listrik akan mengangkut penumpang dari New York ke London dalam waktu tiga jam, dengan ketinggian delapan mil di atas permukaan tanah. Tesla juga membayangkan bahwa pesawat-pesawat tak bersayap (airships) ini memungkinkan untuk menerima daya listrik melalui transfer energi nirkable, sehingga tidak perlu berhenti hanya untuk mengisi bahan bakar. Airships tak berawak bahkan mungkin untuk digunakan mengangkut penumpang ke tempat tujuan yang telah dipilih sebelumnya;

Improved Airships
Atau yang lebih ekstrim bisa digunakan untuk berperang, terutama serangan lewat udara di mana pesawat-pesawat tempur dapat di kendalikan dari jarak jauh.

Super Electrotherapy

Super Electrotherapy
Seorang insinyur bernama Georges Lakhovsky percaya bahwa orang bisa mencapai tingkat kesehatan yang baik dengan menyesuaikan osilasi sel pada tubuh mereka. Dia mengajak Nikola Tesla untuk membantu dirinya dalam membuat Multiple Wave Oscillator. Georges Lakhovsky mengklaim mesin ini akan meningkatkan kesehatan seseorang, menghilangkan bakteri penyebab penyakit, dan bahkan menyembuhkan kanker, namun banyak yang menganggapnya sebagai perdukunan medis.
(imroee.blogspot.com via io9.com - The Greatest Inventions Nikola Tesla Never Created)

0 komentar: