"Born This Way" (Lady GaGa) Menjiplak "Bedtime Story" (Madonna)??? [Music Video]

Thursday, March 3, 2011

Music Video "Born This Way" (Lady GaGa) Menjiplak Video "Bedtime Story" (Madonna)??? | The IMROEE Post - Pada tanggal 28 Februari 2011, Lady GaGa meluncurkan Music Video "Born This Way". Single dengan judul "Born This Way" ini juga merupakan judul album ketiga Lady GaGa. Pada bulan September 2010 lalu, Lady GaGa mengumumkan judul lagu ini di MTV Music Awards.

Lady GaGa - Born This Way
Pesan di balik lagu "Born This Way" adalah tentang bagaimana mencintai diri sendiri, tidak peduli apapun seksualitas (straight, gay, lesbi, transgender) atau ras anda. Bisa jadi single "Born This Way" ini dengan cepat menjadi anthem gay berikutnya. Monster-monster kecil Lady GaGa (sebutan untuk Fans Lady GaGa) sudah tidak sabar menunggu kehadiran video musik untuk single "Born This Way". Tidak mengherankan banyak orang yang langsung mengenali video musik "Born This Way" memiliki kemiripan dengan video musik Madonna berjudul "Bedtime Story".

Madonna mengenakan pakaian pria untuk video "Expresed Yourself" (kiri) dan Lady GaGa dalam video "Born This Way" (kanan)
Sebelumnya, single Lady GaGa tersebut telah mengundang kontroversi karena memiliki kesamaan irama dengan lagu "Express Yourself"-nya Madonna. Selain itu, cover single "Born This Way" juga diduga meniru cover single "2 Hearts" milik Kylie Minogue.

Cover single Kylie Minogue (2007) dan Lady GaGa (2011)
Arti/Makna di Balik lagu "Born This Way"

Nick Knight adalah produser yang menggarap video single "Born This Way". Konsep di balik video musik Lady GaGa "Born This Way" adalah kelahiran ras baru. Lady GaGa menjelaskan hal tersebut kepada DJ Greg di sebuah siaran radio, yang intinya adalah, ras atau perbedaan harusnya tidak menimbulkan berbagai prasangka (buruk), ras utamanya dapat dijadikan semacam ambisi yang menginspirasi lahirnya suatu kesatuan dan kebersamaan. Lady GaGa juga menjelaskan bahwa pelukis-pelukis surrealist seperti Salvador Dali dan Francis Bacon adalah sumber inspirasi untuk video musik "Born This Way".

Adegan dalam video musik "Born This Way" dimulai dengan sebuah simbol segitiga diikuti oleh seekor kuda dan Lady GaGa sendiri di dalam simbol tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan monolog Lady GaGa. Dasar pemikiran untuk video "Born This Way" adalah perang antara yang baik dan yang jahat dan itu diperlihatkan dengan mitosis "Mother GaGa" melahirkan orang jahat (senapan secara simbolis) dan orang baik (telur sebagai simbol lain).

Kayaknya mirip nih gaya
Ada kepala di kiri kanan Lady GaGa, berpose ala Madonna
Setelah Lady GaGa menyelesaikan monolognya serta beberapa adegan simbolis, lagu "Born This Way" mulai dimainkan dan Lady GaGa (yang baru lahir, sepertinya) mendekati beberapa penari yang sedang bersujud dilanjutkan dengan aksi Lady GaGa menari hanya mengenakan bra dan celana dalam super seksi. video musik ini juga menampilkan Lady GaGa memakai kostum tengkorak bersama seorang pria yang kelihatannya tidak bisa berkutik. Pada satu bagian, Lady GaGa berdiri mengenakan gaun ketat dimana ada beberapa kepala manusia disekitarnya. Di akhir video, Lady GaGa menangis memperlihatkan gigi jarangnya. Adegan Lady GaGa yang memperlihatkan celah di antara dua gigi depannya tersebut sangat mirip dengan celah gigi Madonna.

Lady GaGa menangis memperlihatkan celah giginya dalam video (kiri). Madonna dengan gigi jarangnya (kanan)
Lady GaGa dan Madonna memiliki mata di dagu mereka. Ini salah satu fitur dalam video "Bedtime Story" milik Madonna
Arti/Makna di Balik Video "Bedtime Story" Madonna

Mark Romanek adalah produser untuk video musik "Bedtime Story" tahun 1994. Romanek juga memproduseri video musik Madonna yang lain termasuk "Rain". Ratu pop ini dalam sebuah interview tahun 1999 mengatakan bahwa pelukis-pelukis surrealist wanita seperti Leonora Carrington dan Remedios Varo sebagai inspirasi video musiknya. Ini kedengarannya tidak asing pada interview Lady GaGa yang menjadikan seniman-seniman surrealist sebagai inspirasi video musik "Born This Way".

Madonna dan tengkorak dalam video "Bedtime Story"
Lady Gaga memakai kostum tengkorak dan pasangannya dalam video "Born This Way"
Lady GaGa terlalu banyak menyedot isyarat dari video musik "Bedtime Story" dengan menggunakan kemiripan animasi untuk "Born This Way". Bagaimanapun, Lady GaGa melahirkan telur sedangkan Madonna melahirkan sekumpulan burung. Video musik "Bedtime Story" lebih halus dan penuh kedamaian tapi menyeramkan, dibanding "Born This Way" yang lebih gelap dan menjijikkan.

Lady Gaga melahirkan telur, Madonna melahirkan burung
"Born This Way" Bagian Kedua?

Lady GaGa di Twitter pernah menyatakan bahwa akan ada video musik "Born This Way" kedua. Tak seorang pun yang tahu apakah itu sebuah video lanjutan atau versi lain dari "Born This Way" yang telah dirilis. Cukup ironis, Madonna juga telah membuat sebuah versi remix single "Bedtime Story". Madonna menggunakan video musiknya sebagai bagian dari "Re-Invention World Tour"-nya pada tahun 2004.

Link Video: Lady GaGa - "Born This Way", Madonna - "Bedtime Story"

HUBPAGES | IDOLATOR | The IMROEE Post

0 komentar: